Senin, 01 Juli 2019

CARA MEMILIH MOTOR PADA SEPEDA LISTRIK

CARA MEMILIH MOTOR PADA SEPEDA LISTRIK


Ulasan berikut adalah salah satu FAQ yang paling sering ditanyakan. Bahkan beberapa waktu lalu terdapat user yang ingin merakit sepeda motor listrik dengan motor 500W tapi mengharapkan kecepatan 80 km/jam, hal ini tentunya sangat tidak singkron sekali. Hal yang lain yang terjadi adalah kebingungan user EV lover yang ketika ingin merakit dan bingung memilih spec apa yang terbaik. Maka dari itu electricisart-bogipower.com merilis bagaimana cara menentukan motor penggerak pada kendaraan listrik.

Kesempatan kali ini akan dibahas secara khusus pada sepeda listrik dengan aspek yang ditinjau dari kecepatan yang diharapkan.

SEPEDA LISTRIK

Ranah sepeda listrik disini adalah:  MTB, Fixie, BMX, sepeda onta, dan semua kendaraan roda 2 dengan bobot dibawah 25kg. Kunci dalam menentukan daya motor adalah kecepatan yang diinginkan dan Alokasi biaya yang diharapkan.

Sepeda Listrik

a.    Kecepatan 30-40km/jam

Opsi pilihan untuk kecepatan ini yaitu BLDC hub 250W , dan mid crank Brushed DC




Motor BLDC hub 250W  Pada umumnya adalah dinamo yang biasa digunakan untuk sepeda listrik yang dijual utuh siap pakae oleh dealer atau Toko. Seperti merk Sunrace, SELIS, Super rider, dll. Motor ini memiliki kelebihan mudah didapat di beberapa seller. Untuk komponen seken nya juga sudah banyak dijumpai di pasar-pasar loak atau di kolektor kendaraan listrik seken. Namun kelemahan disini adalah bobotnya yang besar dan dimensi instalation size belum fix onsize dengan casis sepeda. Tidak fix size dengan frame sepeda pada umumnya, jadi perlu kreativitas dalam merakit. Secara harga motor saja ini kisaran 1,5jt sampai 1,6jt an apabila baru. Jika seken kisaran 700-800rb an.  Aki untuk kits ini biasanya hanya membutuhkan 36V, 3 biji aki. Harga kontroller bervariasi dari 300-400rb an

motor hub kelas ini umumnya 36V 250W

model ini sudah banyak ditemukan seken-nya




untuk kelas baru, motor 250W / 350W biasa digunakan pada selis pasaran



Mini ON kits.  MiniON adalah golongan motor BLDC jenis outrunner yang bekerja dengan cara ditempel gesekkan ke roda.  Harga motor kits ini tidak bisa dibeli secara eceran. Harus dibeli utuh, info harga akhir tahun 2017 adalah seharga 4.8jt komplit kits set dengan baterai. Untuk spesifikasi dan detail review bisa kita saksikan di video berikut:


Mini ON , motor kecil dan ditempel ke roda.


review video Mini ON


Motor brushed DC hanya memiliki keunggulan murah secara harga. Namun secara kualitas sangat jauh dibawah BLDC. Tingkat efisiensi motor brush DC juga sangat boros jika dibanding BLDC. Kekuatan torsi motor brushed DC juga tidak sekuat BLDC, Brushed DC biasanya juga menggunakan tegangan 24V. Maka dari itu untuk motor Brushed DC jika diaplikasikan ke sepeda alangkah baiknya sudah menggunakan sistem gearbox gigi redusi, supaya lebih kuat torsi dan dinamo tidak cepat panas. Lalu Alangkah baiknya kontroller menggunakan 24V 500W. 

Biaya kits brushed DC cukup murah, Kisaran 1.2jt an untuk 250W + gearbox mode. Untuk aki juga hemat karena hanya menggunakan 2 biji. Alokasi anggaran maks 2jt sudah dapat lengkap dengan aki dan charger. Namun kits ini memiliki power dan kecepatan yang sangat pelan . 15 km/jam. 



contoh motor Brushed DC + Gearbox mode

contoh pemasangan pada kayuhan sepeda

Contoh sepeda dengan motor brused DC



b.    Kecepatan 40-50km/jam

Opsi pilihan untuk kecepatan ini yaitu BLDC ebike hub 48V 350W, 48V 350W besar (hi torsi),  dan mid crank BLDC. Untuk kelebihan dan kekurangan dapat dilihat pada ulasan berikut:

Contoh sepeda dengan motor 350W hi torsi



Motor 48V 350W, terbagus kelas ini adalah (350W hi torsi) memang adalah yang termurah untuk kecepatan 40-50km/jam. Kelemahan model ini adalah bobotnya 7kg, dan dimensi nya yang gemuk besar. Namun seiring besarnya dimensi fisik tentu disertai power yang maksimal pula. Ketahanan terhadap panas lebih Ok, keawetan juga terjamin. Model ini cocok dipasang ke MTB bentuk Downhill, sepeda onta, BMX, dan sebagainya. Harga motor kits ini di 2.4jt an . Untuk baterai bisa menggunakan 4 biji aki UPS 48V 7Ah minimal. Jika ada dana lebih bisa menggunakan baterai lithium ion 48V 10Ah minimal. Harga baterai lithium ion 48V 10Ah pada akhir tahun 2017 sekitar 3.5jt an. Namun performa ini sebanding dengan harganya.


contoh motor 48V 350W. ring roda 18" , ke sepeda BMX


contoh pada sepeda Onthel


Motor BLDC ebike 48V 350W memiliki keunggulan dimensi yang ramping, ukuran sudah fix onsize dengan sepeda yang umum. Tersedia juga untuk penggerak roda depan yang aman. Secara harga lebih murah sedikit daripada 350W besar. Namun kelas 350W kecil harus pandai memilih kualitas nya. mengingat dimensi yang kecil tentu jika kualitas motor kurang bagus , pasti cepat panas.
         laporan kerusakan untuk kualitas imitasi sudah cukup banyak. Maka dari itu hendaklah kita bijak dalam memili. Harga motor kits tanpa baterai 48V 350W ebike hub untuk yang bagus (original planetary ebike motor) kisaran 2.2jt an. dan untuk yang imitasi kisaran 1.8jt an. (harga versi akhir tahun 2018 di jawa)
           Untuk baterai masih sama. Minim menggunakan aki UPS 48V 7Ah, atau jika ada dana lebih bisa menggunakan baterai lithium ion. Sekitar 3.5jt an baterai lithium ion kelas bagus Panasonic / samsung cell 48V 10Ah

kits ebike hub 350W

contoh penggerak roda depan


contoh penggerak roda belakang & contoh baterai lithium semi botol

motor ebike planetary, saat ini paling banyak disukai





BLDC mid crank adalah motor yang diletakkan di poros tengah sepeda, model ini tentunya memberikan kebebasan pada transmisi roda belakang, kelemahan dari model ini adalah harganya yang mahal, dan secara teknis model ini harus menggunakan crankset gir depan yang  khusus.

contoh BLDC mid crank.



c.    Kecepatan 50-60km/jam

Hanya ada 1 opsi terbaik pada kecepatan ini yaitu BLDC hub 1000W atau 1500W. Harga kits ini kisaran di angka 3.5jt-4jt an. Kekurangan motor hub ini hanyalah pada harga yang mahal dan bobot yang berat. Selain itu kelebihan motor ini adalah: ukuran yang langsung pas dengan frame sepeda, torsi besar, dan kecepatan yang tinggi.
    Untuk baterai yang sesuai pada kits ini memang cukup rumit, yaitu 48V 15Ah minimal. Jika menggunakan baterai 10-12Ah saja, maka tidak boleh maen gas full kebut menggunakan dinamo ini, cepet rusak nanti baterai.

kits 48V 1000W

contoh pada roda belakang


Sepeda dengan motor 48V 1000W


Sepeda dengan motor BLDC 48V 1500W 


d.    Lebih dari 60km/jam

Opsi terbaik disini adalah menggunakan BLDC motor 3000W ebike atau lebih besar. Kisaran harga motor dengan daya sebesar ini lebih dari 6jt an ( di Indonesia masi minim sekali ini). Motor BLDC model ini sudah menyamain standarisasi motor listrik pada sepeda motor. Kelebihan motor BLDC hub 3000W adalah torsi dan speed yang tinggi sedangkan kekurangan adalah harga yang mahal serta membutuhkan perlakuan khusus ketika instalasi ke frame sepeda
     Keperluan baterai untuk kits kelas super watt besar ini tentu lebih sulit dipadat lagi dengan biaya kecil. Bisa 7jt sendiri untuk baterai.


kits motor 3000W


ebike dengan motor 3000W

super power.

SEMOGA BERMANFAAT


INFORMASI TERKAIT:




13 comments:

  1. Terimakasih artikelnya menarik...saya ada pertanyaan gan, dinamo BLDC itu ada yg planetary mode dan ngk ya? apa sih bedanya, keleahan dan keunggulannya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. BLDC planetary mode.
      keunggulan utamanya adalah power tanjakan yang lebih kuat.
      dan dimensi, bobot lebih ringan
      bisa dibaca selengkapnya diulas di artikel ini
      http://www.electricisart-bogipower.com/2017/03/merakit-sepeda-listrik-bagus-dan-hemat.html

      Hapus
  2. Saya baru tau ada hub planetary 350W imitasi. Bedanya sama hub original apa ya dalamannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kualitasnya beda. kita sebagai tempat servis perbaikan sepeda listrik sering nerima servisan motor planetary yang dalamnya rusak karena faktor kualitas

      Hapus
  3. Mantap artikelnya, sangat informatif..

    BalasHapus
  4. Saya punya controller 36v dan BLDC 350W, saat trotle di putar roda macet, diputar pakai tanganpun tdk bs, lepas trotle bisa diputar pakai tangan, apa masalahnya ya kira2?

    BalasHapus
  5. gan ,saya punya BLDC 180watt di tanjakan tidak terlalu kuat menanjak... apakah bisa di modifikasi agar kuat di tajakan tanpa harus mengganti motor BLDCnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tips modifikasi selengkapnya ada di artikel yang ini

      https://www.electricisart-bogipower.com/2017/10/modifikasi-kecepatan-motor-listrik-tips.html

      Hapus
  6. Terimakasih artikelnya sangat menarik utk pemula yg pingin mendalami motor BLDC utnuk E-Bike

    BalasHapus
  7. Peemisi gan, jika sepeda bmx ukuran sedang dipasangkan brushed 24v 350w berapa kecepatan yang dapat dihasilkan? Juga saran untuk perawatan dan hal yang harus dihindari dalam pemakaian, terima kasih gan

    BalasHapus